4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan

4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan

4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan - Mengantuk setelah makan dialami hampir semua orang, terutama disiang hari. Hal ini mungkin mengganggu kita saat harus bekerja. Berbagai cara dilakukan untuk melawan rasa ngantuk ini, minum kopi misalnya. Apa saja cara untuk melawan ngantuk setelah makan? Apa sih yang menyebabkan kita ingin tidur setelah makan?

Mengapa Merasa Ngantuk Setelah Makan?

Menguap dan Mengantuk setelah makan umum dialami oleh banyak orang. Ini merupakan respons tubuh terhadap perubahan biokimia yang terjadi setelah makan.

Salah satu penyebabnya adalah adanya produksi hormon serotonin dan melatonin yang dapat menyebabkan ngantuk. Produksi hormon serotonin bisa meningkat saat kita meng-konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Sedangkan, Melatonin bisa didapatkan dari beberapa makanan seperti Ceri, Pisang, dan Obat. Saat mencerna makanan tubuh juga dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin.

Alasan lain yaitu karena kita kurang tidur atau kita tidak melakukan hal apapun setelah makan. Beberapa alasan terkait kondisi kesehatan kita juga bisa menjadi penyebab ngantuk setelah makan, Seperti Diabetes, Anemia, Penyakit Celiac, dan Intoleransi makanan.

Bagaimana Menghindari Ngantuk Setelah Makan?

Sebenarnya, banyak hal yang bisa kita lakukan selain minum kopi untuk membuang rasa ngantuk kita. Kopi memang mengandung kafein yang dapat menghalangi kerja hormon di otak yang menyebabkan ngantuk. Tapi, kopi bukan satu-satunya hal yang bisa membuat kita tidak ngantuk.

Berikut 4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan :

1. Bergeraklah Setelah Kita Makan

Lakukan hal yang bisa kita lakukan yang membuat kita tetap aktif bergerak. Jika kita hanya duduk saja setelah makan, kemungkinan kita merasa ngantuk setelah makan akan lebih besar. Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah kita, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan kita menjadi lebih berenergi. Berjalan setidaknya 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingkan Lift mungkin dapat membantu mencegah rasa ngantuk.

2. Pilih Makanan Dengan Bijak

Pada saat makan siang, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan zat besi. Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan fungsinya. Zat besi juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan energi tubuh.

Hindari meng-konsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi, seperti fast food. Makanan ini dapat menambah banyak kalori pada tubuh tapi kurang nutrisi. Gula yang tinggi juga dapat memberi lonjakan pada kadar gula darah kita, tapi bisa menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan ngantuk dan lelah.

Pada saat makan malam, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan protein. Kombinasi kedua zat gizi ini dapat membuat kita ngantuk, sehingga kita bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Pada pagi hari, sebaiknya pilih makanan yang lebih mudah dicerna dan dapat memberikan energi awal yang cukup untuk memulai aktivitas kita.

3. Jangan Makan Terlalu Banyak

Jaga porsi makan kita jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat kita sangat kenyang sekaligus ngantuk. Mengapa menyebabkan ngantuk? Karena untuk mencerna semua makanan itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi. Hal ini tentu bisa membuat tubuh kita merasa lelah dan ngantuk.

4. Minum Air Putih Yang Cukup

Pastikan kita minum air putih yang cukup saat makan. Air putih dapat menghidrasi tubuh kita, sehingga kita terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan ngantuk. Ingat, semua organ dalam tubuh kita membutuhkan air untuk melakukan fungsinya.

Mungkin cukup sampai disini untuk pembahasan 4 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan, Semoga bermanfaat. Mohon Maaf jika ada kesalahan dalam memberikan pembahasan. Sekian, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel